YOGYAKARTAS – Tidak bisa dipungkiri warna kemasan memberikan pengaruh cukup besar bagi keputusan pembeli. Selain desain menarik, warna dapat menjadi brand image sebuah produk, citra bisnis, dan mood calon pembeli. Bisa dibilang, warna kemasan memberikan efek psikologis pada pembeli. Ia mempengaruhi persepsi konsumen di alam bawah sadarnya, termasuk perilaku pembelian konsumen.

Masih bingung memilih warna kemasan yang tepat? Berikut rekomendasi warna menarik kemasan yang bisa kamu coba!

  1. Biru

Warna biru identik dengan ketenangan, kesegaran, keteduhan, kesejukan, dan membawa kesan berwibawa. Jika dikaitkan dengan produk, biru bisa dikatakan melambangkan kesegaran dan erat kaitannya dengan air. Buat kamu yang menjual produk berupa air minum seperti susu, soda, dan minuman segar lainnya, sangat cocok menggunakan warna biru untuk kemasan. Begitu juga dengan kamu yang menjual bahan makanan laut, tidak ada salahnya memasang warna biru pada kemasan.

  1. Hitam

Seringkali hitam lebih menggambarkan kesedihan muram, murung, dan senyap. Namun, di satu sisi warna hitam juga melambangkan sesuatu yang mewah, elegan, dan eksklusif. Warna ini cocok untuk kemasan produk makanan seperti kopi. Adapun jenis produk lain yang cocok menggunakan kemasan warna hitam. Misalnya produk fashion, seperti pakaian, parfum, dan aksesoris.

  1. Merah muda dan pink

Warna ini memiliki sifat feminin dan banyak digemari oleh perempuan. Sama halnya dengan warna hitam, kemasan warna pink juga memberikan kesan eksklusif dan mewah terutama untuk produk fashion perempuan. Buat kamu yang berbisnis aksesoris, pakaian,  kosmetik, dan hijab, bisa banget gunakan warna merah muda dan pink untuk kemasannya.

  1. Jingga atau orange

Jingga atau orange, atau perpaduan warna keduanya, sangat identik dengan keceriaan, semangat, muda, dan kreatif. Warna jingga atau orange cocok dipakai untuk kemasan produk dari berbagai jenis, seperti fashion dan kuliner.

  1. Kuning

Layaknya warna orange, kuni memberikan kesan ceria, lucu, dan mencolok. Biasanya orang akan langsung tertuju pada warna kuning dibanding warna lainnya. Warna kemasan yang eye catching ini, cocok untuk produk kuliner seperti cemilan. Lebih tepat lagi produk cemilan berbahan dasar buah pisang, jeruk, atau mangga.

  1. Merah

Warna kemasan ini identik dengan berani dan semangat yang menggebu-gebu. Merah sangat mencolok dan menarik perhatian. Cocok untuk kemasan produk kuliner take away dan cemilan pedas.

Semoga referensi ini mengurangi kebingunganmu dalam memilih warna kemasan. Buat kamu yang berencana membuat kemasan, warna-warna kemasan tersebut umumnya sudah tersedia di percetakan kemasan. Kamu bisa pilih sesuai kebutuhan dan jenis produk. Kemudian negosiasikan dengan percetakan kemasan kertas untuk desain kemasannya.

Leave a Comment