YOGYAKARTAS – Krisis lingkungan bersih beberapa tahun belakangan, membuat para pengusaha berupaya menghasilkan produk yang ramah lingkungan. Produk tersebut beraneka ragam, salah satunya kemasan kertas. Selain aman untuk konsumen, kemasan kertas menjadi salah satu kemasan yang populer di dunia bisnis. Desain kemasan kertas yang kreatif dan bervariasi menjadi daya tarik para pelaku UKM untuk memilih kemasan kertas sebagai pembungkus produk.

Sebagai pelaku UKM yang memasuki era industri 4.0, sudah sepantasnya para pelaku UKM ini memperbarui pola pengemasan produk yang lebih ramah lingkungan, aman, dan informatif bagi para konsumennya. Kalau kamu masih belum punya gambaran tentang kemasan kertas ini, bisa mulai pelajari jenis-jenis bahan kemasan kertasnya dahulu.

  1. Kertas tahan minyak (Grease Prof)

Untuk pelaku UKM yang memproduksi makanan dengan kadar minyak tinggi, baiknya kamu memilih jenis bahan kemasan kertas ini. Grease Prof memiliki daya tahan yang tinggi terhadap minyak.

  1. Kertas Kraft

Jenis kemasan ini lebih sering digunakan untuk jenis makanan berbahan keju dan sejenisnya. Sebab kertas kraft sendiri dibuat dari bahan kayu kraft dan bubur sulfat. Bahan ini umumnya berasal dari Jerman dan Swedia. Dengan kemasan kertas ini, produkmu bisa lebih aman, karena bahannya lebih kuat dari Glassine. Produk makanan akan tetap kering, apalagi permukaannya dilem dengan resin.

  1. Duplex (Coated)

Bahan kertas ini cukup mudah dibedakan diantara bahan kertas lainnya. Dari segi tampilan, Duplex memiliki sisi berwarna putih dan sisi lainnya yang berwarna abu-abu. Kertas Duplex umumnya digunakan untuk buku nota dan bisa juga untuk box packaging yang dijual dengan harga lebih murah dibandingkan kertas lainnya.

  1. Kertas Ivory

Kertas ivory merupakan kertas paling aman digunakan untuk produk makanan. Dilihat dari tampilan, kertas ivory memiliki warna putih pada kedua sisinya. Satu sisi bertekstur halus dan satu sisinya bertekstur agak kesat seperti HVS. Biasanya kertas ivory digunakan untuk box kertas atau kemasan kertas, karena kertas ivory cukup kuat dan tebal untuk makanan. Kesan eksklusif yang dihadirkan, membuat kertas ivory ini diminati oleh para pengusaha. Banyak produk kuliner dari restoran dan take away yang menggunakan kertas ivory ini sebagai kemasannya.

Kamu pastinya ingin sekali produkmu terlihat elegan di mata konsumen. Baiknya kamu tentukan jenis bahan kemasan kertas sesuai dengan jenis produkmu. Kemudian buat desain dan cetak di percetakan kemasan kertas yang terpercaya.

Leave a Comment