Secara definisi, kemasan dapat diartikan sebagai pembungkus bagian luar yang bertujuan untuk melindungi produk dari kotoran. Selain itu, kemasan (packaging) juga biasa dijadikan sebagai sarana promosi atau sarana pemasaran suatu produk. Dari jenisnya, kemasan juga beraneka ragam loh. Misalnya kemasan dus makanan, atau dengan istilah lain paper bag dan paper box.

Dengan berkembangnya jaman yang semakin canggih ini, para pengusaha makanan, catering, roti, snack, dan sejenisnya dituntut untuk selalu kreatif. Tidak ketinggalan, bisnis yang bergerak dalam bidang fashion juga harus pandai menggunakan kemasan seperti tas kertas/paper bag. Dalam memproduksi tas kertas, dus makanan, Taskertas, Paperbag, Kertasroti, Kemasan kertas, Foodporn, Boxtakeaway, Foodbox, dituntut juga untuk sesuai desainnya dengan selera pembeli saat ini. Begitu juga mereka yang bergerak di usaha Katering, Kuliner, industry kreatif dan seterusnya harus uptodate kemasan-kemasannya.

Berikut aneka fungsi Kemasan Kertas;

  1. Kemasan sebagai pelindung. Kemasan harus dapat melindungi produk, baik dari pengaruh luar maupun dalam. Penggunaan bahan baku yang berkualitas berupaya untuk melindungi produk mulai dari saat dikemas, dikonsumsi, hingga saat digunakan oleh konsumen.
  1. Kemasan sebagai daya tarik. Karena persaingan produk semakin banyak maka banyak produsen yang berupaya untuk membuat tampilan yang semenarik mungkin agar konsumen lebih memilih produk tersebut dibandingkan dengan produk pesaing.
  1. Kemasan sebagi media pemasaran. Dengan melihat suatu kemasan baik konsumen maupun siapapun dapat segera mengetahui produk yang dikemasnya
  1. Kemasan sebagai wadah. Berfungsi sebagai alat yang memudahkan produk dibawa kemana-mana dan memudahkan dalam proses pemindahan produk dari produsen ke konsumen.

Adapun Jenis Bahan Kemasan Kertas bias menggunakan bahan-bahan sebagai berikut;

  1. Kertas Ivory. Adalah kertas yang aman untuk digunakan sebagai food packaging. Biasanya kertas ivory digunakan untuk Box atau Packaging karena cukup tebal dan berkesan eksklusif. Gramasi yang sering digunakan adalah ivory 250gr 300gr dan 350gr.
  1. Kertas Duplex. Bahan ini mudah dibedakan dengan bahan yang lainya karna jenis bahan tersebut memiliki satu sisi putih dan sisi yang lain (bagian belakang) berwarna abu-abu. Harganya relatif murah dibandingkan dengan bahan lainya. Biasa dicetak dibagian sisi yang bewarna putih. Gramasi 250gr 310gr 350gr dan 400gr.
  1. Kertas Art Paper. Kertas ini bisa dicetak menggunakan mesin offset dan digital print dengan permukaan bagian depan dan belakang putih mengkilap. Biasanya digunakan untuk mencetak brosur, majalah, catalog., dan Kemasan, gramasi umum digunakan adalah 150gr, 210gr, 310gr, 400gr.
  1. Kertas Kraft Coklat. Bahan yang berasal dari proses daur ulang memiliki warna coklat muda dan ada yang coklat tua, karena kesanya klasik bahan ini biasanya digunakan untuk paperbag, hangtag dll. Gramasi umum 125gr, 200gr dan 275gr.

Kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhanmu. Kemasan yang dipilih tidak cuma mempertimbangkan keamanan tetapi juga mempertimbangkan kenyamanan untuk produk dan konsumen, jika masih ragu konusltasi gratis di yogyakartas.com

 

Ingat Kemasan ingat Yogyakartas.com

Leave a Comment