Laminasi merupakan tambahan finishing dalam kebutuhan mencetak produk. Dalam istilah percetakan, laminasi adalah proses pelapisan terhadap lempengan tipis kertas yang dapat dilakukan pada satu sisi maupun kedua sisinya kertas. Produk yang sering kalian jumpai dengan tambahan laminasi yaitu Kartu Nama, Undangan, Booklet, Kalender, Buku, dan Kemasan. Dari semua itu dengan tambahan laminasi menjadikan produk itu terkesan exklusif dan mewah. Laminasi yang sering digunakan dalam sebuah percetakan produk umum yaitu glossy dan doff.

Tetapi dalam produk kemasan memiliki beberapa laminasi yang digunakan yaitu :

  1. Laminasi glossy

Laminasi yang menghasilkan cetakan yang berkilau atau mengkilap. Permukaan kertas yang telah dilaminasi glossy menghasilkan permukaan yang licin. Dalam mencetak kemasan , laminasi glossy dapat dilakukan disisi dalam kemasan maupun diluar kemasan. Jika kemasan anda, untuk produk makanan laminasi glossy dapat ditambahkan di dalam kemasan untuk menjaga keamanan dan kebersihan makanan tersebut. Dan bisa ditambahkan pula di bagian luar kemasan untuk menambah kesan cantik dan mewah.

2. Laminasi doff

Laminasi yang menghasilkan cetakan yang matte. Permukaan kertas yang telah dilaminasi doff menghasilkan permukaan yang halus. Dalam mencetak kemasan, laminasi doff dapat memberikan kesan exklusif dan elegan. Walaupun tidak begitu kelihatan, laminasi doff menjaga cetakan produk anda tidak pecah dan terjaga ke exklusifannya.

3. Laminasi window

Laminasi window hampir sama dengan laminasi glossy, hanya saja perbedaannya kalau laminasi window terdapat tambahan lubang disalah satu sisi kemasan tersebut. Laminasi window digunakan dalam sebuah kemasan untuk menambah kesan menarik dan memperlihatkan lebih jelas produk yang terdapat didalam kemasan tersebut. Laminasi window tidak hanya lubang berupa jendela, tetapi kalian bisa request bentuk window yang kalian inginkan sesuai dengan produk yang anda jual misalnya.

Dari penjelasan tersebut, anda bisa memberikan kesan produk anda dengan kemasan laminasi yang cocok untuk produk anda. Selamat mencoba !

Leave a Comment