Setiap tanggal 25 Januari diperingati dengan “Hari Gizi dan Makanan”, peringatan tersebut masuk kalender hari penting di Indonesia.

Hari Gizi dan Makanan bukan sekadar momentum saja, melainkan kita diingatkan betapa pentingnya kebutuhan gizi untuk kesehatan dan kecerdasan pertumbuhan tubuh dan jiwa kita. Sebagaimana kita tahu sebagai makhluk hidup, kebutuhan pokok kita seperti papan, sandang dan pangan harus terpenuhi dalam diri kita. Dan yang akan kita bahas sekarang yaitu Pangan. Pangan(makanan) itu sangat penting bagi keberlangsungan hidup kita. Makanan yang kita makan pun seharusnya yang bergizi, tidak sembarangan agar tidak mudah terkena penyakit, makanan bergizi pun sebagai penunjang kesehatan dan dapat berpengaruh pada perkembangan organ vital terutama pada masa kehamilan.

Dalam Undang-Undang nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan bab VIII mengamanatkan bahwa Upaya Perbaikan Gizi bertujuan untuk meningkatkan mutu gizi perseorangan dan masyarakat antara lain melalui perbaikan pola konsumsi makanan, perbaikan perilaku sadar gizi, peningkatan akses serta mutu pelayanan gizi dan kesehatan sesuai dengan kemajuan ilmu dan teknologi.

Seperti yang kita ketahui, gizi merupakan kumpulan zat penting yang terdapat pada makanan yaitu berupa mineral, protein, vitamin, lemak, karbohidrat dan air. Selain dari makanan, wadah atau kemasan yang kita pakai untuk menaruh makanan tersebut juga harus diperhatikan. Kemasan dalam makanan juga mempengaruhi gizi dalam makanan lo, misal bahan Styrofoam yang mengandung Benzena salah satu penyebab kanker. Jika makanan dikemas dengan bahan yang mengandung bahan kimia seperti itu akan mempengaruhi gizi dalam makanan tersebut dan memberi efek untuk lingkungan dengan sampah bahan yang sulit terurai. Untuk kemasan makanan juga harus diperhatikan kebersihan dan aman tidaknya bagi makanan, kita kasih solusinya bagi pelaku bisnis di bidang makanan atau kuliner untuk mengemas makanan dengan kemasan yang ramah lingkungan dan aman untuk makanan di Spesialis Kemasan dan Tas Kertas Jogja yaitu Yogyakartas. Anda bisa memesan atau konsultasi kemasan kepada pihak CS Yogyakartas dengan berbagai ukuran, macam bentuk, jenis bahan, harga dan desain yang cocok untuk produk bisnis anda.

Di hari Gizi dan Makanan ini, marilah kita berupaya memperbarui dan lebih memperbaiki gizi kita. Juga memberi edukasi kepada saudara, teman, tetangga dan orang sekitar kita akan pentingnya kemasan makanan yang aman untuk bisnis kuliner.

 

Leave a Comment