Bulan Ramadhan identik dengan “Mudik Lebaran” itu yang biasa dilakukan orang perantauan ataupun jauh dari keluarga. Tetapi, kondisi saat ini lebih baik tidak mudik dahulu untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga. Karena kondisi sekarang ini, mengharuskan kita untuk dirumah dulu sampai Virus Corona ini mereda. Rindu pasti, tetapi lebih baik menyayangi orang terdekat anda dengan tetap dirumah aja dan ditunda terlebih dahulu mudik lebaran diganti dengan mudik setelah virus corona ini berlalu. Mudik Lebaran membutuhkan dana yang lumayan besar selain untuk biaya transportasi pulang-balik , juga harus menyiapkan dana untuk THR dan liburan bersama keluarga. Menyiapkan uang untuk mudik lebaran sebenarnya tidak terlalu sulit. Namun karena belum terbiasa dan menggunakan cara yang salah, membuat menabung menjadi sulit untuk dilakukan. Sembari di rumah dulu aja, menabung untuk mudik setelah kondisi membaik dengan perencanaan yang baik pula dari kesehatan badan dan kesehatan keuangan Anda.

Oleh karena itu, kami akan berikan Anda Tips Menabung cerdas untuk persiapan mudik. Sehingga mudik Anda bisa berjalan lancar dan sesuai dengan harapan Anda.

1. Buat Rekening Khusus untuk Tabungan Mudik

Saat ini transaksi bukan hanya dapat dilakukan secara langsung dengan uang cash. Adanya fitur mobile banking dan sejenisnya membuat Anda bisa bertransaksi langsung dengan uang dari rekening. Sehingga tanpa sadar uang di rekening akan habis untuk membeli berbagai keperluan. Simpanlah uang yang Anda ingin gunakan untuk mudik lebaran di rekening khusus ini. Agar cara menabung ini semakin efektif, jangan aktifkan fitur mobile banking atau sejenisnya pada rekening ini. Sehingga Anda tidak dapat dengan mudah menggunakan rekening khusus ini untuk melakukan transaksi. Karena perlu diakui, kemudahan transaksi membuat keinginan konsumtif menjadi lebih tinggi. Dengan tidak menggunakan kemudahan tersebut, akan memudahkan menahan diri.

2. Gunakan Cara Menabung Budgeting

Dalam menabung, jangan tunggu semua pengeluaran selesai dilakukan baru Anda menabung. Anda tidak akan bisa mengumpulkan tabungan untuk mudik lebaran dengan efektif jika melakukan hal ini. Porsi pengeluaran Anda akan menjadi lebih besar dan tabungan menjadi lebih sedikit. Lakukanlah hal sebaliknya, yaitu menabung dulu baru melakukan pengeluaran. Dengan membiasakan cara menabung menggunakan budget, Anda akan menjadi lebih disiplin. Hal ini akan membentuk kepribadian yang baik bahkan setelah tabungan untuk mudik terkumpul.

3. Gandakan Uang Tabungan dengan Investasi

Cara menabung investasi juga terbilang mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu memilih instrumen yang Anda yakini dapat meningkatkan nilai uang Anda. Meski begitu, jangan pilih instrumen secara sembarangan. Pelajari dengan cermat terlebih dahulu setiap instrumen yang ingin Anda jadikan media investasi.

Mudik lebaran menjadi momen yang sangat dinantikan oleh masyarakat Indonesia. Karena ketika mudik, bisa bersilaturahmi sekaligus berlibur di kampung halaman. Agar mudik Anda tidak terganggu dengan kurangnya biaya, Anda harus menyiapkan tabungan dengan baik. Salah satunya dengan menerapkan Tips Menabung Cerdas seperti yang telah kami sampaikan di atas.

 

 

Leave a Comment