Dampak plastik terhadap lingkungan merupakan akibat negatif yang harus ditanggung alam karena keberadaan sampah plastik. Dampak ini ternyata sangat signifikan dan sudah umum terdapat di lingkungan laut. Oleh karena itu ,plastik dianggap sebagai masalah yang dapat mengancam ekosistem dan kehidupan laut.

Produksi plastik secara global meningkat pesat dan kemungkinan terus berlanjut pada masa yang akan datang meskipun telah dibuat kebijakan di beberapa negara. Organisme laut berinteraksi dengan plastik dengan berbagai cara, tetapi ancaman utama keterikatan dengan serpihan plastik atau tali-tali sintetis yang akan berakibat fatal.

Selama ini, plastik berinteraksi dengan lingkungan berpotensi menyebabkan luka parah pada hewan laut. Keberadaan plastik telah menyebabkan total 16 spesies hiu di seluruh dunia.  Misalnya keberadaan kail penahan ikan pada penangkapan ikan liar juga menjadi sumber informasi penting untuk menilai dampak perikanan. Kekhawatiran tentang dampak tersebut populasi hiu telah membuat Organisasi Pangan dan Pertanian untuk menyetujui Rencana Aksi Internasional untuk Konservasi dan Manajemen Hiu. Serpihan plastik dalam kail paling sering ditemukan pada mulut ikan hiu tetapi juga terdapat di kerongkongan,perut,insang,sirip bahkan hati.

Hampir setiap kegiatan dan kehidupan kita sehari-hari menggunakan plastik, dari kita berbelanja menggunakan kantong plastik, , minum pakai sedotan plastik , makanan dengan kemasan plastik dan sebagainya. Dari semua itu kita bisa menggunakan berbagai cara  :

  1. Bawa tas atau kantong sendiri saat berbelanja
  2. Selalu bawa kotak makan dan minum sendiri
  3. Tidak menggunakan sedotan plastik/menggunakan sedotan stainless
  4. Gunakan kemasan yang ramah lingkungan dan dapat didaur ulang seperti kemasan kertas

Dari segi pelaku bisnis maupun konsumen memulailah menggunakan kemasan dengan bahan kertas seperti makanan yang di takeaway pakai kemasan dus , produk belanjaan pakai kemasan paperbag, makanan yang langsung dimakan ditempat pakai kemasan papertray atau kantong foodgrade. Dan itu sangat mudah dalam melakukannya jika bisa dijadikan kebiasaan kita sehari-harinya. Kemasan kertas tersebut bisa kalian jumpai dan pesan di ahlinya Kemasan spesialis kertas yaitu Yogyakartas. Dalam menggunakan kemasan kertas tersebut merupakan Gerakan bersama dalam menjaga kehidupan bumi dari pengurangan plastik.

Leave a Comment