Dampak dari penyebaran wabah Covid-19 sangat berpengaruh bagi semua warga di Indonesia. Selain memiliki dampak Kesehatan, tentunya memberikan dampak yang begitu besar terhadap ekonomi Indonesia.

Dalam wabah virus corona ini, seluruh kegiatan yang biasa kita lakukan di luar, untuk sekarang ini pemerintah memberikan himbauan kepada masyarakat untuk melakukan physical distancing. Kegiatan yang mengurangi diluar rumah, seperti bekerja, belajar dan beribadah di rumah dan tidak untuk mengadakan kegiatan yang mengundang banyak orang untuk berkumpul atau berkerumun.

Sebab karena itu, perputaran roda ekonomi pun nyaris terhenti dan mengakibatkan semua bisnis seperti bisnis kuliner, bisnis fashion, bisnis UKM, bisnis kosmetik menjadi sepi, tidak bisa diperkirakan orderan masuk tiap harinya dan bisnis event pun juga berpengaruh dengan tutup untuk sementara waktu.

Selain untuk pelaku bisnis, dampak virus corona juga berpengaruh bagi perekonomian UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia. Kegiatan rutinitas pun terhalang karena virus corona ini, Para UMKM tidak berbelanja ke luar rumah, tidak berjualan ke luar rumah. Karena inilah, UMKM kesulitan membayar biaya operasional maupun nonoperasioal. Penghasilan yang didapat pun tidak dapat diprediksi tetapi harus tetap mengeluarkan biaya-biaya yang ada.

Hal ini berdampak buruk bagi seluruh pebisnis, UMKM hingga perusahaan besar di Indonesia. Menjelang Ramadhan yang hanya menghitung hari merupakan momen yang tepat dalam menaikan penjualan dan mencari pundi-pundi rupiah. Sayangnya, karena corona pelaku bisnis tidak bisa menaikan penjualan seperti tahun-tahun sebelumnya karena banyak permintaan dan penjualan yang menurun. Selain itu, proses produksi berkurang, bahan baku juga mengalami penurunan karena kesulitan bahan baku dan harga yang melonjak tinggi. Oleh karena itu, Yogyakartas memberikan kepedulian terhadap sesama dengan membuat program “Yogyakartas Peduli“. Dengan program ini, diharapkan dapat membangkitkan semangat dan optimisme para UKM dan pebisnis agar tetap semangat berkarya dalam bisnisnya.

 

 

Leave a Comment