YOGYAKARTAS – Kemasan menjadi salah satu aspek yang nggak boleh kamu remehkan dalam menjalan kan bisnis. Pasalnya kemasan mampu menciptakan kesan pertama pada konsumen. produk yang dikemas kurang apik tentu akan kurang dilirik.
Nah, menentukan kemasan untuk produk nggak segampang yang kamu kira lho, karena ini berkaitan langsung dengan strategi marketing. Bagaimana kamu bisa menarik hati pelanggan melalui daya tarik kemasan yang kamu buat.
Buat kamu yang mungkin masih pemula di dunia bisnis, tips berikut bisa menjadi langkah sederhana untuk menentukan kemasan yang pas buat produkmu.

1. Menetapkan target market
Kamu harus pilih target marketmu, konsumen yang seperti apa yang akan kamu sasar. Hal ini juga menentukan kemasan yang akan dibuat lho. Konsumen sangat luas dan mereka terdiri dari berbagai kalangan. Ada anak-anak, remaja, dan dewasa. Setiap kategori tentu memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda, sehingga kemasan nya pun juga harus menyesuaikan.

2. Memiliki nilai ergonomis
Nggak hanya menarik, bungkus makanan juga harus dibuat eye catching. Bentuk dan warna yang mencolok akan menimbulkan daya tarik konsumen. Kemasan juga harus mempunyai nilai ergonomis, artinya nyaman untuk konsumen. Produk yang dibungkus dengan kemasan yang nyaman akan memudahkan konsumen untuk menikmati produknya. Nilai ergonomis terlihat pada kemasan yang praktis yakni, mudah dibawa, nyaman dipegang, dan lain sebagainya.

3. Mempunyai ciri khas
Setelah menentukan kemasan yang menarik serta memiliki nilai ergonomis. Kamu harus menentukan cirri khas dari kemasanmu. Produk lain pun nggak mau kalah menggunakan kemasan menarik. Nah, supaya punya ciri khas, kemasan yang kamu pilih harus dibuat unik dan berbeda. Kemasan yang punya cirri khas, akan membuat konsumen mudah mengingat produkmu, bahkan bisa menjadi icon untuk produk sejenisnya lho.

4. Ukuran kemasan
Ukuran kemasan harus sesuai dengan ukuran produk didalamnya. Buat kemasan jangan terlalu besar atau terlalu kecil, supaya produk nggak mudah rusak, sesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Ukuran kemasan yang nggak sesuai dengan produk, penggunaannya jadi nggak efektif.

5. Buat special pack di momen tertentu
Supaya kemasan yang kamu pakai nggak terlihat membosankan, kamu bisa coba ubah desain kemasan sekali-kali. Buat special pack di momen tertentu misalnya, saat lebaran, natal, hari pendidikan, hari valentine, dan masih banyak lagi momen besar yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat special pack. Selain itu, kamu juga bisa memberikan tambahan special promo, supaya konsumen semakin tertarik untuk membeli.

6. Penentuan harga
Harga harus ditetapkan dengan bijak. Maksimalkan budget yang ada untuk membuat kemasan. Nggak harus mewah atau bahkan lebih mahal dari harga produknya kok. Kunci pentingnya adalah nyaman, aman, dan memberikan kesan baik.

Bagi yang belum lama membuka usaha, menyisihkan uang untuk membuat kemasan mungkin terasa berat ya. Tetapi, nggak ada salahnya mengeluarkan sedikit modal supaya produkmu punya nilai tambah. Dengan tips ini, semoga produkmu semakin banyak peminat ya!

Leave a Comment