Banyak perusahaan memanfaatkan kalender cetak untuk mempromosikan bisnisnya. Selain karena bisa cetak dengan desain sendiri, di zaman sekarang banyak bentuk kalender yang dianggap unik dan menarik perhatian konsumen.

Di bawah ini kita akan membahas, macam bentuk – bentuk kalender yang bisa jadi referensi dalam membuat kalender untuk bisnis dan usaha anda :

  1. Kalender Dinding

Sesuai dengan namanya, yaitu kalender dinding. Kalender ini biasanya kita gantung di dinding dengan menggunakan klem atau kawat spiral. Jika kalian memilih konsep menggunakan kalender dinding, banyak sekalian pilihan model kalender yang bisa kalian terapkan. Mulai dari kalender dinding 2 lembar, 3 lembar, 4 lembar, 6 lembar, atau 12 lembar. Kalian bisa pilih sesuai dengan konsep kalian dan berapa banyak gambar yang ingin kalian tampilkan.

  1. Kalender Poster

Sama dengan poster pada umumnya yang hanya 1 lembar, kalender poster juga hanya terdiri dari 1 lembar saja. Kalender ini biasanya digunakan untuk hiasan rumah atau tempat kerja. Jika memasuki musim pemilu (pemilihan umum) kalender jenis ini biasanya digunakan sebagai salah satu media kampanye. Desain kalender poster yang sangat terkenal yaitu dengan menampilkan foto. Sebagian orang mencetak kalender poster hanya untuk mengabadikan momen favorit atau terbaik bersama keluarga ataupun teman.

  1. Kalender Kartu

Bagi kalian yang menyukai hal-hal simpel, penggunaan kalender kartu ini bisa dijadikan salah satu list hal simpel yang bisa kalian terapkan. Dengan bentuknya yang mini, kalender ini juga sering disebut kalender saku. Sesuai dengan namanya yaitu kalender kartu, kalender ini memiliki ukuran seperti kartu-kartu pada umumnya, yaitu       9 x 5,5 cm. Kalian bisa menyimpannya di dompet atau di tempat yang mudah ditemukan jika sewaktu-waktu membutuhkan. Tapi memang kalender bentuk ini kurang dikenal di masyarakat umum.

  1. Kalender Meja

Yang terakhir ada kalender meja, kalender ini sangat populer dan fleksibel digunakan baik di lingkungan perkantoran ataupun digunakan pribadi dirumah. Kalender meja juga dapat dimanfaatkan untuk pengingat aktivitas pribadi  atau kegiatan sehari-hari dengan cara mencoret-coret di kalender tersebut. Kalian bisa menempatkan kalender ini di tempat-tempat yang mudah dijangkau seperti di meja kerja atau meja di rumah, sehingga kalian mudah melihat ataupun menemukan disaat membutuhkan.

Pada dasarnya, semua kalender memiliki kegunaan yang sama, yaitu untuk membantu kita mengingatkan dan mengatur jadwal. Tapi, kalian juga harus menentukan kalender bentuk apa yang kira – kira cocok untuk promosi bisnis kalian, sehingga tidak hanya untuk pengingat saja, kalender yang kalian cetakkan juga memiliki timbal balik terhadap perusahaan kalian, yaitu menambah konsumen.

Leave a Comment