YOGYAKARTAS – Minuman menjadi salah satu kebutuhan semua umat manusia, sehingga membuka usaha minuman kemasan nggak akan termakan zaman. Selain bisnisnya yang bersifat awet, usaha minuman kemasan, bisa memberikan keuntungan yang cukup besar, serta bahan yang dibutuhkan untuk memproduksi secara umum mudah di dapat di pasaran. Bisnis minuman kemasan yang paling sering ditemui adalah bisnis minuman kemasan cup dan bisnis minuman kemasan botol. 

Meskipun tampaknya mudah dan sederhana, yang namanya berbisnis tetap membutuhkan strategi. Apalagi kalau kamu ingin memperoleh keuntungan yang berlipat-lipat, tentunya kamu harus mempunyai sasaran konsumen dan target dalam jangka waktu tertentu. Nah, buat kamu yang masih bingung gambaran strategi menjalankan bisnis minuman, yuk intip rahasia suksesnya dengan memperhatikan hal-hal berikut.

 

  1. Lokasi

Membuka outlet untuk bisnis tentu harus mempertimbangkan lokasi, supaya pemasaran menjadi lebih mudah dan menguntungkan. Pilih lah tempat yang nggak jauh dari keramaian, misalnya sekitar terminal, pasar, stasiun, sekolah, kampus, dan tempat umum lainnya. Buka lah outlet di lokasi yang mudah diakses orang, contohnya pinggir jalan atau didepan sebuah toko, tentunya dengan izin dan mengikuti syarat yang berlaku.

 

  1. Desain outlet

Biasanya konsumen akan memperhatikan desain outlet dulu sebelum memutuskan untuk membeli. Kalau desain outlet dibuat kreatif, tentu konsumen bakal tertarik buat mampir. Buat outlet dengan desain dan logo bisnis yang eye catching, serta nama bisnis yang mudah diingat semua orang. Jika memungkinkan, pasang banner atau poster yang berisikan kandungan dan manfaat yang ada dalam minuman.

 

  1. Bagikan brosur

Usaha memasarkan produk nggak hanya berhenti disitu saja, setelah membuka outlet, kamu masih perlu mengenalkan produk kepada konsumen secara continue. Akan banyak konsumen yang berlalu lalang melewati depan outletmu. Ini bisa jadi kesempatan mu untuk membagikan brosur yang kurang lebihnya berisikan menu dan harga, keunggulan produk, dan jangan lupa sertakan diskon atau promo menarik.

 

  1. Bangun kerjasama dengan bisnis lain

Salah satu cara memasarkan produk minuman kemasan adalah melakukan kerjasama bisnis dalam bentuk pertukaran produk. Ambilah contoh di dekat outlet mu ada yang menjual makanan, buat strategi bagaimana caranya agar konsumen mereka memesan minuman di outletmu. Begitu juga dengan kamu, buat bagaimana caranya konsumenmu bisa membeli makan di outlet makanan yang sudah bermitra dengan mu.

 

  1. Kreasikan produk minuman

Kalau sudah mengkreasikan outlet, saatnya kamu membuat kreasi untuk produk minuman mu. Kamu bisa mulai dari kemasan nya. Buat desain kemasan yang unik, pemilihan warna dan bentuk yang menarik. Kemudian jenis minuman itu sendiri, nggak hanya kualitas rasa, sediakan juga rasa minuman yang bervariasi dengan berbagai pilihan topping. Ciptakan bisnis minuman kemasan yang unik, buat produk minuman mu unggul dan berbeda dari yang lain.

 

  1. Berikan penawaran khusus

Minuman bisa dipasarkan ke berbagai event atau acara keluarga. Informasikan kepada konsumen bahwa kamu bisa melayani pemesanan minuman untuk berbagai event tersebut. Selain itu, kamu bisa mengikuti event atau bazar kuliner dengan membuka stand disana. Pastinya jumlah konsumen mu bisa bertambah berkali-kali lipat.

 

Saat ini, bisnis minuman kemasan menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Buat kamu yang tertarik membuka bisnis kuliner, bisnis minuman kemasan boleh banget dicoba.

 

Sumber foto utama: https://queenbeecoupons.com/local-deal-dicks-drive-in-celebrates-58-years-today-with-10-cents-cokes-any-size-all-day/

Leave a Comment