Dalam membuka bisnis kuliner anda harus memperhatikan keamanan dalam sebuah pangan atau produk anda. Berikut 5 kunci keamanan pangan yang harus diperhatikan dan dilakukan bagi pelaku bisnis kuliner :


Pertama ,

 

 

 

 

 

 

 

Anda perhatikan dalam pembelian bahan baku sebuah pangan. Ketika membeli sebuah pangan, anda harus memperhatikan jenis pangan, lokasi pembelian, daftar dan jumlah yang akan dibeli. Membeli pangan secukupnya, sesuai dengan kemampuan penyimpanan. Jika ingin membeli bahan baku untuk pangan maka urutan membelinya dimulai dengan membeli pangan kemasan, pangan kering, roti, susu dan pangan segar, beku, pangan siap saji. Dan tetap perhatikan pengolahan makanan yang sehat dan bersih. Pangan yang aman adalah pangan yang bebas bahaya, baik bahaya fisik kimia maupun biologi.

Kedua,

 

 

 

 

 

 

 

 

Anda perhatikan dalam penyimpanan bahan baku pangan. Bahan baku pangan harus tetap dijaga keamananya hingga siap dikonsumsi. Jauhkan tempat penyimpanan pangan dari bahan kimia. Ketika hendak mengolah makanan, gunakan bahan makanan yang paling cepat masa kadaluarsanya.

Ketiga,

 

 

 

 

 

 

 

 

Anda persiapkan bahan pangan secara saksama. Bahan pangan yang akan diolah, harus dalam keadaan segar, aman, bermutu dan bersih. Pisahkan dan buang bagian pangan yang busuk. Selalu gunakan peralatan dapur yang bersih, kering dan berfungsi dengan baik.

Keempat,

 

 

 

 

 

 

 

Anda sajikan pangan secara aman. Tetap jaga kebersihan, keamanan pada suatu pangan yang akan disajikan.

Kelima,

 

 

 

 

 

 

 

 

Anda perhatikan kebersihan dari dapur hingga sampai di tangan konsumen. Selain kondisi dapur dan peralatan yang digunakan memasak. Agar tetap terlindungi makanan dari serangga, kotoran dan debu anda perlu mempersiapkan kemasan kertas seperti dus take away atau rice box yang dapat melindungi makanan hingga di tangan konsumen.

Kemasan merupakan pelindung makanan yang aman dan menarik bagi seorang konsumen. Kemasan kertas selain aman untuk makanan juga aman untuk lingkungan karena bahan yang digunakan pun ramah lingkungan.
Kemasan kertas tersebut dapat anda pesan dan cetak di Yogyakartas spesialis kemasan dan tas kertas. Bahan kemasan yang digunakan pun berkualitas dan aman untuk makanan karena dilapisi lapisan laminasi bagian dalam sebuah dus kemasan.

Dengan memperhatikan dan melakukan 5 kunci keamanan pangan tersebut, juga akan memperhatikan Kesehatan orang sekitar dan terhindar dari keracunan maupun bakteri. Jadi jangan lupa jaga Kesehatan dan kebersihan pangan ya gais 🙂

Leave a Comment