YOGYAKARTAS – Minuman kemasan saat ini diminati oleh banyak orang. Tingginya peminat ini lah yang kemudian memotivasi sebagian masyarakat untuk ramai-ramai mengambil peluang bisnis di bidang ini. Dengan banyaknya peminat tersebut, tentu keuntungan akan berlipat-lipat. Siapa pun pasti bakal tergiur dan berniat mengembangkan bisnis ini.

Kamu salah satu orang yang tertarik dengan bisnis minuman kemasan dan sudah siap dengan modalnya?. Bisnis minuman kemasan dalam persiapannya memang cukup mudah. Namun, semua tetap harus dipersiapkan dengan matang. Beberapa kebutuhan bisnis harus kamu siapkan dengan baik. Coba buat daftar kebutuhan bisnis minuman kemasan ini, sebelum membeli!

1. Booth
Merupakan tempat berjualan, bentuknya bisa seperti gerobak atau rumah kecil yang sudah dimodifikasi menyesuaikan brand bisnismu. Booth menjadi elemen penting bagi pelaku usaha, karena booth merupakan salah satu cara ampuh memasarkan produk minuman kemasan. Selain sebagai tempat berjualan, booth juga sebagai media branding usaha dan sebagai pemanggil konsumen. Untuk itu, booth harus dibuat menarik dan ikonik, supaya konsumen mu bisa dengan mudah ‘mengidentifikasi’ booth jualan mu. Jangan lupa, kamu perlu modal yang cukup untuk melakukan pemasangan dan re-desain.

2. Storage pendingin
Bisnis minuman dingin cukup populer dikalangan masyarakat. Untuk itu sediakan lemari es kecil untuk pendingin, atau setidaknya menggunakan ice box yang berfungsi untuk menyimpan es batu lebih lebih murah dan hemat listrik. Lemari es juga berfungsi untuk menyimpan buah, jika kamu berbisnis jus buah. Apabila bisnis kemasan minuman mu melibatkan es krim, kamu butuh lemari es yang khusus untuk mendinginkan es krim. Kalau perlu beli alat pembuat sekaligus penyimpanan es krim. Alat ini memakan biaya yang cukup mahal, kurang lebihnya 25-30 juta.

3. Storage pemanas
Di waktu tertentu konsumen juga ingin menikmati seduhan minuman panas di cuaca yang dingin. Jenis-jenis minuman hangat yang paling banyak diminati diantaranya kopi, teh, susu, cokelat, dan sejenisnya. Bisnis minuman hangat nggak salah buat kamu coba. Persiapkan termos besar atau dispenser hot drink untuk memanaskan minuman. Kamu bisa siapkan modal sekitar 1-2 jutaan untuk membeli dispenser ini.

4. Blender
Kalau kamu memilih jenis minuman yang harus diramu, maka membeli blender berkualitas wajib kamu rencanakan. Memilih blender yang berkualitas memungkinkanmu untuk menggunakannya lebih lama karena cenderung lebih awet. Harga blender berkualitas yang bisa kamu beli berkisar 600 ribu.

5. Kemasan Minuman
Dan yang nggak kalah penting dari keberhasilan mengembangkan bisnis minuman kemasan adalah kemasan yang digunakan. Bisnis minuman yang saat ini sedang populer adalah bisnis minuman cup. Kemasan memiliki fungsi hampir sama seperti booth, ia memberikan kesan pertama pada konsumen tentang produkmu. Untuk kemasan juga harus di desain dengan apik dan menarik. Konsumen biasanya akan lebih dulu terpukau dengan kemasan produk sebelum membeli. Jenis kemasan yang bisa dipilih untuk produk minuman adalah kemasan kertas atau kemasan plastic, yang nantinya akan dicetak dalam bentuk cup.

6. Mesin Cup Sealer
Salah satu yang menjadi identitas suatu produk adalah logo. Identitas ini biasanya tertera pada booth dan kemasan produk. Memasang logo di bagian tutup cup lebih murah daripada memasang logo di bagian badan cup. Untuk itu kamu perlu membeli mesin cup sealer yang berfungsi merekatkan tutup cup dengan cup tersebut. Turup cup plastic lebih efisien karena nggak mudah lepas. Kamu cukup mengeluarkan biaya 900 ribuan untuk membeli tutup cup polos yang sudah bergambar.

Demikian peralatan dan bahan yang harus disiapkan. Semoga dengan referensi ini, bisnismu lebih lancar dan dapat berkembang.

Sumber foto utama: https://www.bloomberg.com/news/features/2016-08-16/britain-s-iconic-red-phone-booths-find-their-second-calling

Leave a Comment