YOGYAKARTAS – Sampai saat ini makanan masih menjadi primadona di dunia usaha. Keahlian membuat makanan menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Beruntunglah kamu yang memiliki keahlian ini. Selain bisa memanfaatkan peluang usaha, kemampuanmu dalam memasak bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk membuka usaha makanan.

Namun, keahlian dalam memasak makanan yang lezat bukan satu-satunya kunci sukses menjalankan usaha makanan. Ada banyak faktor lain yang harus kamu kejar demi berkembangnya usaha mu. Salah satunya adalah kegiatan promosi usaha. Lewat promosi usaha, kamu bisa mengenalkan produk makanan mu dan tentunya bisa meningkatkan jumlah konsumen. Satu faktor ini jangan sampai kamu lewatkan, sebab ia bisa memberikan dampak yang luar biasa untuk usahamu.

Lalu, bagaimana supaya kegiatan promosi produk makanan mu bisa menarik konsumen lebih banyak?. Ada cara khusus yang harus kamu lakukan!

  1. Konsisten menjaga kualitas makanan

Ini merupakan cara terbaik untuk mempertahankan usaha makanan mu. Kualitas dan rasa makanan adalah pertimbangan utama konsumen dalam membeli produk makanan. Promosi usaha segencar apapun akan sia-sia kalau kamu nggak menjaga kualitas dan rasa makanan. Kamu tentu pernah menemui produk makanan yang enak rasanya hanya saat konsumen sedang ramai. Ini bukan cara promosi produk makanan yang bagus dan tentunya bikin pelanggan kecewa.

  1. Memanfaatkan momentum

Nggak setiap hari produk makanan mu laris, pasti ada masa dimana usahamu sedang sepi pelanggan. Contoh mempromosikan produk yang cukup member dampak salah satunya adalah berupaya mencari pelanggan baru dan pelanggan tetap dengan memanfaatkan momentum. Misalnya ikut serta membuka lapak di bazar, pameran, pasar malam, atau event tertentu. Orang yang belum tau bisa mengenal produkmu, kalau suka pastinya mereka akan datang lagi. Momen lain misalnya saat hari raya, kamu bisa berikan diskon khusus atau free trial kepada pelanggan.

  1. Mencetak dan menyebarkan selebaran

Meskipun terbilang klasik, cara ini masih cukup ampuh untuk menarik konsumen. Masih ada yang belum familiar dengan media sosial, sehingga selebaran promosi produk dirasa perlu supaya bisa menjangkau semua kalangan. Usahakan informasi yang dimuat di media promosi cetak ini, cukup singkat dan lengkap. Begitu juga dengan desain selebaran yang dibuat menarik. Kedua poin ini perlu diterapkan supaya orang mau membaca dan menyimpannya.

  1. Mencetak stiker dan memasangnya di tempat yang mudah dilihat

Selain selebaran, cara klasik ini juga efektif membuat orang penasaran dengan produkmu. Logo dan warna yang tertera pada stiker akan tertanam di benak orang yang melihatnya. Maka dari itu sebaiknya kamu pasang stiker di beberapa tempat yang mudah dilihat atau dikunjungi banyak orang.

  1. Membuat peta lokasi pada kemasan produk

Cara ini bisa kamu lakukan apabila lokasi usaha mu kurang strategis. Kualitas dan rasa makanan mu mungkin baik. Tetapi, kalau lokasi tempat mu berjualan sulit untuk dicari, tentu pemasaran produkmu akan terhambat. Untuk mengatasinya, penting bagi kamu mencantumkan peta lokasi pada kemasan. Memanfaatkan kemasan produk  merupakan strategi promosi usaha yang terbukti mendatangkan keuntungan.

  1. Bergabung dengan komunitas tertentu

Supaya usaha kuliner mu lebih dikenal, kamu bisa bergabung di komunitas yang relevan dengan usaha mu. Kegiatan aktif di sebuah komunitas, mendorongmu untuk mengikuti kegiatan saling tukar informasi yang dapat memberimu peluang baru.

Demikian cara promosi produk makanan yang bisa kamu lakukan supaya bisa membuahkan hasil. Apapun cara yang kamu pilih, lakukan dengan konsisten dan jangan lupa untuk terus memberikan sentuhan inovasi.

 

Sumber foto utama: http://www.onlineemenu.com/blog/follow-these-steps-to-make-your-food-delivery-business-a-success/

Leave a Comment