Bisnis online terbilang cukup mudah dan murah, bisa kalian jadikan peluang usaha saat kondisi pandemi seperti ini. Berikut ini 6 keuntungan yang akan diperoleh dalam berbisnis online tanpa perlu MODAL besar.

Zaman sekarang yang hampir semua kegiatan pembelian dan penjualan dilakukan secara online, dengan adanya pandemi seperti ini menjadikan bisnis online semakin kuat di dalam dunia bisnis, Beberapa produk yang sudah merambah ke dunia online yaitu produk makanan, fashion, aksesoris, jasa dan lain sebagainya. Pemesanan online dapat dilakukan melalui berbagai platform seperti Chatting via Whatsapp, Telegram, Line, Direct Message Instagram, Mesengger Facebook dan Marketplace seperti OLX, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli.com dan sebagainya. Selain itu, pengiriman juga dilakukan melalui pemesanan via ojek online atau biasa disebut gosend dan dapat dikirim melalui jasa pengiriman expedisi seperti JNT, JNE, Tam Cargo, Wahana Express, Trans Cargo, PCP Express dan lainnya.  Dengan seiring kemajuan teknologi dan tingkat kepahaman masyarakat akan internet menjadi penyokong bergesernya pembelian dari konvensional menjadi online.

Bisnis online dapat dilakukan tetap didalam rumah dengan memposting produk yang menarik di sosial media. Tanpa perlu membutuhkan modal yang besar namun menghasilkan pendapatan yang besar.

Untuk anda yang masih ragu untuk memulai bisnis online, Yogyakartas akan membahas beberapa keuntungan dengan berbisnis online :

  1. Tidak membutuhkan modal sewa tempat

Dalam berbisnis memerlukan modal yang besar namun tidak untuk bisnis online, tidak seperti jenis usaha yang umumnya memerlukan modal yang cukup besar untuk sewa tempat. Anda tidak perlu sewa tempat untuk berjualan secara online, yang anda butuhkan dalam berbisnis online adalah seperangkat laptop dan jaringan internet yang stabil. Dengan ini anda sudah dapat melakukan penjualan secara online kapan saja dan dimana saja.

  1. Menghemat pengeluaran berlebihan

Berbisnis online tidak melulu dengan perlengkapan baru, namun bisa menggunakan perlengkapan yang sudah ada di rumah. Menghemat anggaran pengeluaran perlengkapan. Anggaran pengeluaran yang disiapkan adalah biaya listrik, biaya internet dan biaya promosi/iklan jika diperlukan.

  1. Jangkauan pemasaran lebih luas

Bisnis online memudahkan anda untuk mencakup pasar dengan jangkauan yang lebih luas dibandingkan berjualan secara konvensional. Promosi/iklan di media sosial sekarang ini terbilang murah dan lebih efisien ke target pasar kita bisa sesuaikan dengan anggaran, wilayah, umur, dan sasaran yang tepat.

  1. Waktu Bersama keluarga menjadi lebih berkualitas

Dengan berbisnis online, maka pekerjaan anda lebih fleksibel, sehingga kualitas waktu bersama keluarga semakin erat.

  1. Tidak membutuhkan tempat yang luas

Tidak perlu bersusah payah meletakkan barang jualan anda secara fisik, tetapi anda perlu menyediakan katalog dan penjelasan singkat terkait produk tersebut. Tidak membutuhkan modal stok barang dagangan bisa dengan cara dropship dan reseller.

  1. Potensi kerugian kecil

Dengan berbisnis secara online, maka potensi mengalami kerugian adalah kecil karena tidak menyetok barang dirumah anda atau anda dapat menerapkan system pre order yang mana barang baru akan didatangkan apabila ada pemesanan terlebih dahulu dengan jangka waktu yang telah diberitahukan sebelumnya.

Berikut beberapa kelebihan yang dapat anda rasakan apabila anda memutuskan untuk berbisnis online. Berbisnislah dengan jujur, sehat dan tekun dalam merintis karir. Sehingga bisnis anda akan bertahan lebih lama dan bisa berkembang pesat.

Leave a Comment