Dalam menanggapi isu kesehatan global yang saat ini terjadi, pemerintah dan sebagian instansi perusahaan menerapkan gerakan #DiRumahAjaDulu sebagai gerakan bersama melawan COVID-19. Work From Home atau bekerja dari rumah menjadi gerakan sementara yang dilakukan untuk berinteraksi langsung terhadap orang lain. Bekerja dari rumah memang kadang membuat mati gaya. Berbeda saat berada di kantor, nuansa rumah yang lebih homey terkadang membuat pekerja menjadi lebih malas-malasan.

Kalau memang benar, Yogyakartas akan membagikan “Tips Kerja Agar Produktif walau Work Form Home” apa sajakah tipsnya , berikut ini !

1. Siapkan ruang khusus bekerja yang nyaman 
Bekerja dari rumah bisa memanfaatkan berbagai ruangan yang ada. Pastikan ruangan tersebut minim distraksi. Anda bisa menggunakan meja dan kursi yang ada , tetapi yang membuat punggung tetap nyaman atau bisa gunakan meja lipat.

 

 

 

 

2. Komunikasi dengan berkirim email 
Mengirim berkas, surat ataupun pekerjaan dapat melakukan dengan mengirim email. Dengan mengirim email, selain praktis dan cepat, juga akan tersimpan dengan aman di akun khusus kantor. Hal ini untuk mempermudah komunikasi antar tim kerja Anda selama bekerja di rumah.

 

 

 

 

3. Perlakukan seperti Pekerjaan Nyata/ di Kantor
Minimnya pengawasan menuntut karyawan mendisiplinkan diri secara mandiri, maka dibutuhkan rencana kerja atau to-do-list harian yang jelas.

Termasuk di dalamnya mengatur waktu istirahat untuk makan atau mengecek media sosial secara bijaksana agar produktivitas tetap terjaga.

4. Jadwalkan online meeting secara berkala
Anda bisa memanfaatkan platform digital untuk membuat panggilan video dan suara agar komunikasi antara rekan kerja tetap berjalan efektif.

Sebaiknya jadwalkan juga online meeting pada pagi dan sore hari agar seluruh rekan kerja dapat saling mengetahui pekerjaan yang akan dan sudah dilakukan.

5. Menghindari dari gangguan orang lain agar tetap fokus 
Bekerja di rumah pasti akan menemukan orang lain dengan aktivitas biasa di rumah dan bising yang akan mengganggu kefokusan Anda saat bekerja. Jangan sampai terpancing atau menghindari gangguan orang lain agar tetap fokus dan fast respon dalam Pekerjaan.

Selain itu, Jika Anda bosan saat melakukan pekerjaan di rumah, berikan waktu sebentar untuk refreshing diri dengan mendengarkan musik dan bernyanyi sendiri.

Bagi Anda yang masih tetap kerja di kantor ,jangan berkecil hati ataupun panik tetap waspada dengan jaga kesehatan dan kebersihan diri ya 🙂

Semangat Bekerja dan Semangat Sehat!

Leave a Comment