Apapun produknya sekarang pasti yang diunggulkan adalah sebuah kemasan. Kemasan yang sering digunakan berbagai bisnis fashion, bakery, event, kosmetik bahkan kuliner menggunakan kemasan tas kertas atau paperbag. Paperbag merupakan kemasan yang memiliki peran penting dalam menciptakan emosional antara penjual dan konsumen sebagai branding yang efisien dan terkesan elegan. Paperbag yang mencantumkan nama merek untuk di cetak akan menarik perhatian dan membuat kepercayaan diri meningkat.
Sebelum kita bahas lebih lanjut, kita bahas asal mula Paperbag itu seperti apa dan darimana ya?

Asal mula Paper Bag diciptakan oleh seorang wanita yang bernama Margaret Knight (Pencipta Mesin Kayu Pembuat Paper Bag). Margaret Knight berawal saat ia bekerja di Columbia Paper Bag Company, Massachusetts. Merasa ada peluang inovasi dalam produk paperbag, Margaret Knight melakukan uji coba dengan membuat mesin yang dapat memotong dan melipat kertas persegi panjang untuk dilipat menjadi sebuah kemasan kantong kertas. Margaret Knight menyatakan uji coba tersebut berhasil mencetak ribuan kemasan kantong. Margaret Knight merupakan wanita yang menjadi penemu yang mendapatkan paten atas karyanya. Dalam perjuangan sebagai pencipta Mesin Kayu Pembuat Paper Bag mengalami pro dan kontra dari pemerintah dan perusahaan ia bekerja. Keahlian Margaret Knight diklaim oleh orang lain yang bernama Charles F. Annan. Di abad ke 19, ia hendak mematenkan produk mesin pembuat paper bag yang tidak ia ciptakan sendiri. Mengetahui kelakuan Annan, Margaret Knight melapor ke polisi dengan bukti gambar dan catatan tentang pembuatan mesin. Hal itu membuat hakim yakin bahwa Margaret Knight ialah penemu mesin paperbag.

Dan akhirnya paper bag mulai di perkenalkan ke rana publik. Kemudian digunakan oleh para pebisnis hingga saat ini sebagai tas jinjing atau kemasan untuk produknya. Untuk kemasan paper bag itu sendiri sekarang ini sudah banyak macam bentuk, bahan, warna dan fungsinya. Dari bentuk Paperbag ada yang pakai tali , handle pond, bentuk seperti amplop, kantong tanpa tali dsb. Dari segi bahan paperbag memiliki jenis bahan seperti Kraft Coklat, Kraft Putih, Bc Putih, Art Paper, Kertas Erzat, Samson dan Ivory. Dan dari segi fungsi dapat digunakan sebagai tas souvenir, bungkus makanan, pengganti kantong plastic agar lebih ramah lingkungan dan sebagai ajang promosi usaha.

Leave a Comment