Kemenperin.go.id melalui Dinas Koperasi di seluruh Kabupaten dan Provinsi melaksanakan pelatihan-pelatihan Pengemasan, dengan meningkatnya UKM diIndonesia saat ini Disperindagkop juga aktif melakukan kegiatan pendampingan dan penyuluhan tentang KEMASAN mulai dari proses, jenis bahan kemasan, fungsi serta Desain kemasan dilakukan ditingkat UKM-UKM.

Pelatihan Kemasan Disperindagkopwww.yogyakartas.com juga turut berperan aktif dalam  sebagai narasumber berdasarkan undangan dari Disperindagkop Kabupaten Sleman sebagai pendamping dalam program KEMASAN yang sudah dilaksanakan beberapa kali di Kabupaten Sleman.

www.yogyakartas.com memberikan wawasan serta membantu para UKM lebih peduli dalam menggunakan kemasan, dengan adanya persaingan pasar kemasan saat ini sudah menjadi perhatian khusus bagi pelaku UKM.

Kami ambil dari website kemenperin.go.id cuplikan apas aja yang dilakukan dalam pendampingan program UKM. Selain itu materi Kemasan yang kami sampikan juga adapat di baca pada artikel : KEMASAN

Fungsi paling mendasar dari kemasan adalah untuk mewadahi dan melindungi produk dari kerusakan-kerusakan, sehingga lebih mudah disimpan, diangkut dan dipasarkan. Selain itu kemasan juga berfungsi sebagai identitas produk, menambah daya tarik bagi pemberli, sarana promosi bagi konsumen, alat informasi dan komunikasi bagi konsumen. Disamping fungsi utama melindungsi produk, terdapat fungsi lain yang tidak kalah penting, yaitu kemasan sebagai sarana promosi yang berdaya jual dan meningkatkan daya saing produk.

Produk-produk IKM saat ini banyak yang kurang memperhatikan kemasan sebagai salah satu hal yang penting dalam menentukan minat beli bagi konsumen, namun yang terjadi sekarang banyak bermunculan produk-produk IKM, namun kurang memperhartikan masalah kemasan. Banyak IKM yang kurang memahami selera konsumen. Padahal selera konsumen sangat menentukan keputusan membeli suatu produk. Dilihat dari fungsi dan peran kemasan, perkembangan teknologi kemasan yang kian maju, serta keberadaan kemasan IKM saat ini, maka IKM kita harus didorong untuk membuat produk yang diterima pasar dengan didukung oleh kemasan yang memenuhi syarat-syarat kemasan yang baik, dan dengan desain dan penampilan yang menarik, unik sehingga mampu bersaing dan menarik minat konsumen.

Hal tersebut diatas mendorong BDI Yogyakarta untuk menyelenggarakan Diklat Teknologi Kemasan yang diperuntukkan bagi para Penyuluh Perindag. Dalam pelatihan ini peserta akan mempelajari tentang pengetahuan umum tentang kemasan yang meliputi pengertian, jenis dan pemilihan bahan kemasan, apa yang wajib ada dalam kemasan,  desain kemasan, pengenalan mesin kemasan, teknologi kemasan, praktek pengemasan dan kunjungan industri serta ceramah pengusaha sukses. Persyaratan peserta untuk dapat mengikuti diklat ini adalah : Penyuluh Perindag di Dinas Perindag DIY/Jateng/Kalbar/Kalteng, dan belum pernah mengikuti diklat sejenis.

Adapun materi diklat Teknologi Kemasan mencakup :
1. Pengantar dan Peraturan umum tentang kemasan
2. Pengetahuan dasar kemasan
3. Desain kemasan
4. Tren dan teknologi kemasan
5. Interaksi bahan pangan dan kemasan
6. Pengenalan mesin pengemas
7. Praktek desain kemasan

http://www.kemenperin.go.id/artikel/3191/Pelatihan-Teknologi-Kemasan-Untuk-Penyuluh

Leave a Comment