Dinas Perindustrian Koperasi dan UMKM Kabupaten Kudus Jawa Tengah melaksanakan kegiatan yang berkaitan denga Kemasan untuk produk UMKM “Pelatihan Desain Pengemasan Makanan”.

Kami mendapat kesempatan untuk membagi pengalaman dengan para UMKM Kabupaten Kudus yang didampingi Disperindagkop Kab. Kudus di kantor kami www.yogyakartas.com Jl. Nyi Ageng Nis No. 20-B, Pilahan, Rejowinangun, Kotagede, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam acara tersebut kami membagi cerita tentang semangat ber wirausaha yang kami jalani dari UKM hingga saat ini, berangkat dari UKM kami merencanakan usaha dengan matang mulai memilih nama, memilih segmen produk hingga strategi pemasaran.

Dalam acara Pelatihan Desain Pengemasan Makanan (17 November 2016) diikuti +/- 30 UMKM dari Kabupaten Kudus, dalam kesempatan berbagi pengetahuin ini kami menyampaikan pentingnya suatu kemasan di era modern ini dan bagaimana cara mendesain kemasan sehingga mempunyai nilai tambah suatu produk yang dikemas tersebut.

Adapun materi yang kami sampaikan adalah, Definisi kemasan, Manfaat Kemasan, Jenis Bahan Kemasan, Informasi penting yang wajib ada dalam kemasan serta pentingnya sebuah kemasan untuk menambah nilai suatu produk yang akan dijual, sehingga kemasan dapat menjadi alat pemasaran karen dapat menimbulkan rasa penasaran dan keinginan untuk membeli.

Dalam sebuah kemasan, yang perlu diperhatikan pertama adalah pemilihan bahan, sehingga sesaui dengan produk yang akan dikemas, kemudian memilih bentuk atau model yang kira-kira cocok dan sesuai dengan segmen pasar yang dituju. Setelah memilih bahan dan bentuk kemudain hal yang perlu dicantumkan adalah nama merek, nama produk dan informasi-informasi yang terkait dengan produk tersebut, misalnya Bahan baku, masa kedaluwarsa, cara penyajian, dan sertifikat dari badan yang terkait PIRT, Halal atau BPOM.

Desain Kemasan

Rancangan kemasan pada suatu produk dilakukan sebagai upaya peningkatan dan syarat yang mendukung pemasaran suatu produk, tujuan dari desain kemasan adalah

  1. Sebagai Identifikasi Produk
  2.  Untuk Menarik Perhatian
  3.  Serta Menciptakan Citra / Profesionalitas

Dalam membuat desain masing-masing UMKM tidak perlu bisa mendesain tetapi yang paling penting adalah mempunyai konsep, Karena hal ini biasanya bekaitan dengan jenis produk, segmen pasar, dan keinginan pemilik produk.

Kemasan dapat menjadi identitas suatu merek atau produk yang ada didalamnya sehingga perlu diperhatikan dalam memilih warna dominan untuk suatu kemasan, selain warna yang dapat menjadi identitas suatu produk adalah Logo, bentuk font, tata letak dll.

Leave a Comment

Whatsapp
fixedbanner